Doa Sholat Dhuha dan Artinya Bahasa Indonesia

Doa sholat dhuha memang dibutuhkan untuk banyak orang terutama untuk umat muslim yang sedang membutuhkan tata cara yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang diajarkan oleh Nabi Agung kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Secara tidak langsung terdapat hal yang unik dari Sholat Dhuha dari salat sunat lainnya yang salah satunya adalah pelaksanaannya hanya bisa dilakukan setelah terbitnya matahari sekitar jam 07.00 Hingga jam 11.00 atau sebelum  sholat dzuhur. Meskipun demikian patokan utama adalah disela sela kesibukan kita alias jam jam sibuk bekerja.  mari kita ulas panjang lebar hanya di https://doa-orang-islam.blogspot.com




Shalat dhuha mempunyai banyak sekali fadilah ataupun faedah yang salah satunya adalah pemberian rezeki yang melimpah bagi hamba allah yang mau melaksanakannya. Terlepas dari faedahnya sholat sunnah tersebut,  tentu kita juga perlu memberikan beragam usaha lainnya sebagai bukti ikhtiar mencari rejeki yang halal kita.  shalat dhuha setiap hari setiap waktu tanpa diimbangi dengan usaha adalah impossible alias omong kosong saja. Terdapat pepatah mengatakan bahwa “berusahalah sekuat mungkin seakan akan kamu akan hidup selamanya dan beribadahlah seakan engkau akan mati esok harinya”.

Manfaat lainnya adalah Seorang yang konsisten melaksanakan salat dhuha juga mempunyai keuntungan tersendiri dan itu tidak mencakup hanya dunia ini saja, namun sudah mencakup alam selanjutnya yaitu akherat. Salah satunya adalah seseorang yang melaksanakan sholat Dhuha dia akan disiapkan sebuah pintu untuk memasuki surga tersendiri yaitu dengan nama sebutan pintu Dhuha. Selain itu pula terdapat Hadis yang diriwayatkan oleh Anas radhiallahu Anhu bahwa orang yang melaksanakan salat duha secara konsisten 12 rakaat maka dia nanti akan dibangunkan untuknya istana di surga. Bagaimana??? Anda sholat dhuha dan diberikan 2 kebaikan di rejeki dunia dan rejeki diakherat???? Yuk mulai sholat dhuha jika seret rejekinya, seret pendapatannya, sedikit incomenya, sedikit gajinya.

Berdasarkan hal itu maka Berikut ini adalah artikel mengenai doa sholat dhuha, juga tata cara pelaksanaannya dan tuntunan tuntunan lainnya.


Bagaimana Cara Shalat Dhuha sesuai Sunah Nabi???


Tata cara dan urutan pelaksanaan sholat Dhuha yang benar dan sesuai dengan sunnah nabi adalah berikut ini.

  • Niat sholat dhuha. Silakan membaca Usholli sunnatan Dhuha rokataini liilahi taala
  • Takbirotul ihrom dan membaca alfatiha. Setelah aammiiiinn membaca surat tambahan
  • Ruku dan bacaannya
  • Iktidal dan bacaannya
  • Sujud dan bacaannya
  • Duduk diantara dua sujud dan bacaannya
  • Sujud yang kedua dan berdiri tegak bersedekap seperti awal
  • Membaca surat alfatiha dan setelah aammiiin membaca surat lanjutannya
  • Ruku dan bacaannya
  • Iktidal dan bacaannya
  • Sujud dan bacaannya
  • Duduk diantara dua sujud dan bacaanya
  • Sujud yang kedua kali dengan bacaanya
  • Tasyahut akhir dan bacaanya

Pelaksanaan Sholat Dhuha yang sesuai syariat Islam adalah paling sedikit dua rakaat dan sebanyak-banyaknya adalah 12 rekaat, sesuaikan dengan keadaan dan kondisi saja. Tidak perlu memaksakan untuk memaksimalkan sholat dhuha 12 rekaat jika waktu tidak longgar.

Doa sholat dhuha dan artinya

Jika anda telah selesai melaksanakan sholat dhuha maka akan sempurna jika anda menyelesaikan dengan bacaan doa berikut ini.




Doa Sholat Dhuha Bahasa Latin


“Allaahumma InnaDhuhaa a dhuhaa uka wal bahaa a bahaa uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal qudrota qudrotuka wal ‘ishmata ‘ishmatuka. Allaahumma Inkaana rizqiy fis samaa i fa anzilhu wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkaana mu’assiron fa yassirhu wa inkaana harooman fa thohhirhu wa inkaana ba’iydan fa qorribhu. Bihaqqi dhuhaa ika wabahaa ika wajamaalika waquwwatika waqudrotika aatinii maa aataita ‘ibaadakas sholihiin.”

Arti Doa Sholat Dhuha


Ya Allah Sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha mu keagungan adalah keagungan-mu keindahan adalah keindahanmu kekuatan adalah kekuatanmu penjagaan adalah penjagaan Mu ya Allah apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah apabila sukar sulit maka mudahkanlah dan apabila haram sucikanlah apabila jauh maka Dekatkanlah dengan kebenaran Tuhan kekuasaanmu Wahai Tuhanku datang kan lah padaku apa yang kau datangkan pada hamba-hamba-mu yang sholeh.

Jika kita amati dari berangkat arti dari salat Dhuha bahasa Indonesia itu mempunyai permintaan untuk dunianya yang terutama adalah rezeki yang halal melimpah dan barokah untuk digunakan di dunia dan di akhirat.
 

Pentingkah sholat dhuha?


Meski bukanlah sebuah salat utama atau salat fardu namun Sholat Dhuha ini terdapat di dalam Alquran dan bahkan dibuatkan surat tersendiri yaitu surat Ad Dhuha yang mempunyai makna bahwa kita boleh untuk tetap mencari rezeki dan menyibukkan diri namun perlu juga untuk meluangkan waktu beberapa menit saat saat sibuk tersebut untuk berbicara kepada gusti Allah yang menciptakan kita pada waktu-waktu yang menyibukkan diri kita.

Semua hal yang terdapat dalam tuntunan agama Islam itu penting, baik dari Alquran ataupun Hadist. Siapapun yang melaksanakan hal tersebut akan mendapatkan kebaikan kebaikan daripadanya, entah itu terjadi saat itu juga, besok, lain waktu, ataupun digantikan dengan hal hal lain yang lebih manfaat oleh gusti Allah.

Semoga dengan ulasan artikel mengenai doa sholat dhuha dan artinya membuat kita tergugah bahwa kita mampu dan diberikan oleh Allah kesempatan, niat beserta keinginan untuk melaksanakannya. Pastinya kita mulai dari salat fardu 5 rekaat, kemudian salat sunnah dhuha dan rowatib lainnya, dan jika kita sudah melakukan semuanya itu Nanti insya Allah kita akan kembali ke pangkuan dengan sebutan orang-orang yang bertakwa. semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.


Previous article
This Is The Newest Post
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 1

Ads Post 2

Ads Post 3

Ads Post 4